Connect with us

Tangerang

Sinarmas World Academy Bagikan Donasi Buku Tulis dan Al-Quran

Sinarmas World Academy (SWA) kembali menyelenggarakan kegiatan sosial berupa donasi buku tulis dan Al-Quran yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2023 yang bertempat di SDN Cilenggang 02. Acara ini bertujuan untuk mendukung pendidikan dan dengan menyediakan sumber belajar yang penting bagi siswa-siswi sekolah dasar di daerah Serpong dan Cilenggang, Tangerang Selatan (Tangsel). Kegiatan ini juga sejalan dengan komitmen SWA dalam mendukung pendidikan dan perkembangan anak-anak di Indonesia melalui program-program sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Di era digital saat ini, penggunaan buku tulis terutama untuk anak-anak sekolah dasar masih sangat diperlukan. Kegiatan donasi berupa buku tulis kepada siswa-siswi sekolah dasar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan menulis dengan tangan. Berbagai studi juga membuktikan bahwa menulis di atas kertas memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu mampu menyempurnakan keterampilan motorik halus yang membantu keterampilan literasi serta meningkatkan daya ingat.

Dalam upaya untuk mempromosikan literasi dan memastikan akses yang setara terhadap materi-materi pendidikan, SWA melalui kegiatan tahunannya kembali mendistribusikan 15.000 buku tulis SiDU serta dan 1000 Al-Quran kepada 10 sekolah dasar di area Serpong dan Cilenggang, Tangerang. Inisiatif kolaboratif ini melibatkan siswa, orang tua, dan staff SWA, menegaskan komitmen sekolah terhadap pembangunan masyarakat dalam memupuk pendidikan yang berkarakter.

“Pendidikan karakter tidak hanya didasarkan pada teori dan pemahaman teori saja, namun juga pemahaman melalui action, salah satunya melalui kegiatan semacam ini. Ke depannya semoga SWA masih dapat mengupayakan kegiatan seperti ini dan memperluas kegiatan ke sekolah-sekolah di area lain juga.” Orang tua murid yang berpartisipasi pada kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan donasi seperti ini berdampak positif bagi murid-murid Sinarmas World Academy untuk menumbuhkan rasa solidaritas dalam membantu sesama pelajar untuk memperoleh fasilitas pendidikan yang memadai,” kata Dr. F.X. Susanto, S.IP, M.Pd selaku kepala sekolah Sinarmas World Academy, Selasa (6/6).

Acara donasi yang diselenggarakan di SDN Cilenggang 02 ini juga dihadiri oleh jajaran dinas pendidikan setempat, serta perwakilan dari sekolah-sekolah penerima. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Deden Deni, S.E, M.M, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Sinarmas World Academy terhadap pendidikan di Tangerang Selatan pada khususnya, serta menyampaikan pesan bahwa tugas pemerataan pendidikan bagi sekolah dan siswa sekolah yang membutuhkan tidak hanya merupakan tugas pemerintah setempat namun juga merupakan tugas bersama sekolah-sekolah lainnya dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari sekolah-sekolah Sekolah penerima yang juga menyampaikan apresiasi yang tulus atas donasi tersebut serta menekankan pentingnya inisiatif semacam ini dalam menjembatani kesenjangan pendidikan dan mendukung perkembangan holistik siswa. (red)

Populer