Connect with us

Tangerang

Sekda Tangsel Tekankan Pentingnya Aspek Perencanaan pada Setiap Program OPD

Published

on

Perencanaan bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangatlah penting dilakukan. Bukan tanpa sebab, perencanaan yang matang pada suatu program kerja dapat mewujudkan implementasi, monitoring dan evaluasi yang kokoh pada setiap aspek program tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo pada saat pembukaan Forum OPD Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), yang bertempat di Rumah Makan Sae Pisan BSD, Kamis (23/02/ 2023).

“Dinas-dinas yang lain sudah membuat apa yang nantinya akan dilakukan di tahun 2024, tapi ini masih bersifat indikatif sesuai dengan parameter-parameter yang harus jelas, itulah fungsi dari forum dinas perangkat daerah,” kata Bambang.

Untuk itu, kata Bambang, melalui forum ini nantinya akan dihasilkan satu kesepakatan. Dimana, tahun depan ini para perangkat daerah akan melakukan apa yang tentunya berdampak bagi masyarakat, yang usulan tersebut juga dari Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

“Dari Musrenbang Kelurahan, Kecamatan, lalu disesuaikan prioritas melalui forum lintas perangkat daerah. Guna memenuhi kebutuhan serta harapan-harapan masyarakat,” ucapnya.

Tak hanya itu, Bambang menegaskan program-program yang baik dan tepat yang sudah ada saat ini dapat dijadikan suatu acuan dan lompatan. Dilanjutkan dengan evaluasi-evaluasi program kerja yang terhambat saat pandemi Covid lalu.

“Kita kejar melalui program-program yang seharusnya tepat untuk memperbaiki kondisi lebih baik pasca Covid. Jadi saya berharap nanti para pemangku kepentingan di setiap perangkat daerah yang harus merasa bahwa bapak ibu ini diajukan memiliki level kepentingan yang besar untuk masing-masing perangkat daerah dapat mencapai target programnya,” ujarnya.

Melalui momentum Forum OPD Disnaker, DKP3, dan Disperindag ini, ia berharap setiap perangkat daerah bekerja sama guna menuntaskan setiap program yang tepat dengan parameter-parameter yang jelas dan terarah.

“Saya harap gunakanlah momentum ini untuk betul-betul bersama-sama dengan perangkat daerah menampung, menyiapkan, memprogramkan satu kegiatan yang paling tepat dengan parameter-parameter yang sudah ada,” tutupnya. (red/fid)

Populer