Connect with us

Kota Tangerang

FTJSL Gandeng BRI Siapkan Sarana Budidaya Maggot

kabartangerang

Published

on

Kabartangerang.com- Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (FTJSL) Kota Tangerang bersama Bank BRI melakukan survei lokasi untuk memberikan edukasi dan pelatihan tentang pengolahan sampah dan budidaya maggot.

Survei tersebut berlokasi di RT 01/02, Budi Asih, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (FTJSL) Kota Tangerang, Mulyanto, Kamis, 1 Oktober 2020.

Menurut Mulyanto, sarana dan prasana akan di support oleh Bank BRI, sehingga edukasi dan pelatihan yang diberikan dapat berjalan dengan lancar. “Lokasi sudah ada, tinggal menunggu sarana dan prasarananya saja. Dalam pelatihan tersebut nantinya akan melibatkan 50 warga tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Dikatakan Mulyanto, dengan adanya pelatihan pengolahan sampah dan budidaya magot ini, masyarakat diajarkan untuk lebih mandiri saat pendemi covid-19. “Masyarakat bisa meningkatkan perekonomian dengan melakukan budidaya maggot,” pungkasnya seraya menambahkan, FTJSL juga berkonsultasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerja Umum, dan Dinas Pertamanan untuk bimbingan teknisnya.

Selain menyediakan sarana dan prasarana pelatihan, BRI juga melakukan penataan taman dan perbaikan turap anak sungai serta halaman Masjid Attaqwa.

Perlu diketahui, Maggot BSF adalah larva dari jenis lalat besar berwarna hitam yang terlihat seperti tawon. Dimana dalam proses siklus pertumbuhan, membutuhkan sampah sebagai bahan makanan. Khususnya dari sampah dapur, seperti sisa sayuran, buah, makanan atau dari jenis sampah organik.

“Sampah organik ini yang menjadi pakan bagi maggot-maggot yang ada sekarang,” sambungnya.

Larva maggot usia 12-18 hari, dapat mengkonsumsi sampah organik sangat banyak. Satu kilogram larva maggot, per jam dapat memakan 15 sampai 20 kilogram sampah organik. Dan saat usia 7 sampai 15 hari, larva maggot sudah bisa dijadikan sebagai pakan ikan.(ydh)

Source

Copyright © 2018 Kabartangerang.com