Connect with us

Kabupaten Tangerang

Koperasi di Tangerang Harus Masuk ke Sektor Pertanian dan Peternakan

Published

on

Kabartangerang.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid menginginkan seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang, mulai merambah kepada sektor peternakan dan pertanian.

Selain untuk membantu permodalan, masuknya koperasi ke dua sektor itu dinilainya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sudah terbukti beberapa waktu lalu di Kecamatan Kronjo, masyarakat yang panen bersama koperasi Benteng Mikro Indonesia (BMI) panen kol dan cabai. Ini harus terus dikembangkan dan diekspansikan kepada lahan-lahan yang tidak produktif bisa dilakukan melalui koperasi,” ujar Maesyal, Kamis, 22 Agustus 2019.

Maesyal menjelaskan, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dilakukan dari, untuk, oleh anggota dan berazaskan kekeluargaan. Koperasi yang berkembang di Kabupaten Tangerang diklaimnya selalu ada dan diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

“Dari sisi ekonomi kerakyatan masyarakat bisa terwadahi melalui koperasi, saya harap tidak lagi mengandalkan industri. Karena keterbatasan lapangan pekerjaan di industri atau potensi lain di Kabupaten Tangerang, bisa dijadikan sebagai sentra aktifitasnya dari koperasi,” jelasnya.

Presiden Direktur Kopsyah BMI Kabupaten Tangerang, Kamaruddin Batubara mengatakan, bila koperasi dibawah naungannya sudah merambah wilayah di utara Kabupaten Tangerang, hal itu terlihat di Kecamatan Mekar Baru yang sedang memanen cabai dan kol di musim kemarau.

“Anggota tidak hanya kita berikan pinjaman tetapi juga solusi, kita berikan pilihan usaha. Ini arah baru bisnis koperasi dengan kolaborasi dan semangat gotong-royong dari segala sisi. Mulai dari sisi bisnis,  ekonomi, sosial, kesehatan bahkan spiritual,” kata Kamaruddin.

Kamaruddin menambahkan, saat ini pihaknya berusaha menghapus stigma di Indonesia bila koperasi hanya sebatas simpan-pinjam, dengan bukti bilamana koperasi di BMI memiliki berbagai jenis dan sektor fokus koperasi.

“Koperasi kita punya koperasi konsumen, peternakan, punya pertanian dan kami sekarang sudah mengarah kesana. Kita harus ciptakan koperasi pertanian dan peternakan yang tentu akan mengangkat kehidupan masyarakat,” jelasnya.(rik)

Source

Copyright © 2018 Kabartangerang.com