Connect with us

Kota Tangerang

Puskesmas Panunggangan Kota Tangerang Gencarkan Program UKGTK

Published

on

Kesehatan gigi anak perlu diperhatikan sejak dini. Sebab, kesehatan gigi juga berperan dalam pertumbuhan anak agar dapat mencapai maksimal. Maka, Puskesmas Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang menggencarkan program Upaya Kesehatan Gigi Taman Kanak-Kanak (UKGTK).

 

Kepala Puskesmas Panunggangan, dr. Yumelda Ismawari mengungkapkan, tenaga kesehatan dari Puskesmas Panunggangan mendatangi berbagai TK untuk mengedukasi anak-anak. Mulai dari cara menyikat gigi, hingga pemeriksaan gigi.

 

“Perawatan gigi dan mulut anak harus dilakukan bahkan sebelum gigi anak tumbuh. Sebab, gusi dan lidah anak dapat menjadi sarang bakteri dan jamur. Sehingga gusi dan lidah juga perlu dibersihkan. Setelah gigi tumbuh, perawatan tambahan seperti menyikat gigi pagi dan malam, serta rutin memeriksakan ke dokter gigi selama enam bulan sekali sejak usia satu tahun,” ungkapnya, Rabu (21/2/24).

 

Yumelda menuturkan, kesehatan gigi pada anak khususnya ketika gigi susu tumbuh, perlu diperhatikan karena membantu proses pengunyahan. Sehingga, kebutuhan nutrisi akan terpenuhi.

 

“Selain itu, gigi susu juga berperan dalam perkembangan otot wajah dan juga rahang. Maka, orang tua juga harus membiasakan anak untuk membersihkan gigi dan mulut, serta mengawasi apa saja yang anak konsumsi agar tidak merusak gigi anak,” tutupnya.

Populer