Connect with us

Tangerang

Pilar Saga: Redkar Harus Aktif Edukasi Cegah Kebakaran

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan menginstruksikan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) untuk aktif memberikan edukasi mengenai pencegahan dan mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan arahan dan pembinaan kepada Redkar se-Tangsel, bertempat di Setu, pada Selasa (11/06/2024).

“Karena Redkar ini perpanjangan tangan dari Damkar, jadi harus aktif memberikan edukasi pencegahan dan risiko kebakaran. Apalagi mereka lebih dekat dan menyentuh masyarakat,” ucapnya.

Tugas tersebut kata Pilar harus dilakukan secara konsisten dan bersinergi bersama dengan Damkar dan stakeholder lainnya, agar kejadian-kejadian kebakaran dapat dicegah maupun dapat ditekan secara risiko.

Pentingnya tugas Redkar tersebut, Pemerintah Kota Tangsel memberikan kepeduliannya, dengan memberikan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh anggota Redkar.

“Saat ini kita berikan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh anggota Redkar. Mereka bersama RT dan RW supaya potensi kebakaran itu bisa diantisipasi sejak dini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Ahmad Dohiri menjelaskan seluruh anggota yang tergabung dalam Redkar telah diberikan pelatihan khusus.

“Tak hanya pelatihan penanggulangan kebakaran, juga diberikan pelatihan cara menangkap ular dan sebagainya. Semuanya itu sudah kita ajari,” ujarnya.

Tak berhenti di situ, Damkar juga bekerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memberikan pelatihan mengenai kelistrikan.

“Kita hadirkan PLN, bagaimana keilmuan kelistrikan agar di rumah tidak terjadi kebakaran. Karena catatan 2019-2024 itu semua kebakaran 70 persen akibat korsleting listrik. Artinya ini harus menjadi perhatian kita,” terangnya.

Anggota Redkar itu juga diharapkan bisa menjadi pengingat bagi masyarakat, agar kebakaran bisa diantisipasi sejak dini.

“Nanti kita akan buatkan ribuan sticker, ditempel di rumah masyarakat. Kita ingatkan, misalnya kalau ada kabel yang terkelupas harus segera diganti, bapak-bapak jangan membuang puntung rokok sembarangan. Lalu, jangan sampai ada colokan yang menumpuk dan sebagainya. Kita sekaligus bisa mengingatkan masyarakat,” tutupnya. (fid)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer