Connect with us

Tangerang

Peringatan 1 Muharram 1446 H, Pilar Saga Serukan Semangat Kolaborasi dan Refeleksi Diri

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, mengajak seluruh masyarakat untuk merenungkan makna hijrah dalam peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Sabtu (6/7/2024).

“Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah kepada kita semua. Tahun baru Islam ini adalah awal hijrahnya Baginda Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah. Momentum hijrah Baginda Rasulullah SAW tentu saja adalah hijrah keutamaan bagaimana mendorong masyarakat pada saat itu untuk menjadi lebih baik, untuk mengikuti jalan yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW,” ujarnya.

Menurut Pilar, hijrah Rasulullah SAW bersama para sahabat dan disambut oleh kaum Ansar di Madinah merupakan contoh semangat kebersamaan yang harus diteladani. Ia menekankan pentingnya refleksi diri dan evaluasi agar masyarakat Tangsel bisa terus berkembang menjadi lebih baik.

“Artinya bahwa di momentum peringatan 1 Muharram ini menyadarkan kita semua sebagai masyarakat Tangsel, bukan hanya Pemerintah Kota Tangerang Selatan tetapi mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang Selatan untuk kita bersama mengevaluasi diri, merefleksi diri untuk bisa menjadi lebih baik lagi di masa depan,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa pembangunan Kota Tangerang Selatan tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota semata, melainkan membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Pilar juga menyoroti perlunya kolaborasi antara Pemerintah Kota dan masyarakat termasuk alim ulama, dan generasi muda dalam berbagai sektor pembangunan, seperti pendidikan dan kesehatan, untuk menjadikan Tangsel sebagai kota yang cerdas, modern, dan religius.

“Melalui infrastruktur pendidikan, kesehatan, Tangerang Selatan bisa menjadi kota yang cerdas, modern, dan religius. Namun, ini tidak bisa dicapai dalam satu malam atau oleh Pemerintah Kota saja, melainkan perlu dukungan dari semua elemen masyarakat,” tegas Pilar.

Pilar juga berharap agar Kota Tangerang Selatan ke depannya semakin diterima oleh masyarakatnya yang berakhlak baik dan religius. Ia menutup sambutannya dengan ajakan untuk menjaga nilai-nilai kebaikan yang telah diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

“Mari kita bersama-sama membangun dan mencapai sesuatu yang lebih baik lagi di masa depan. Semoga Kota Tangerang Selatan menjadi kota yang semakin diterima, masyarakatnya berakhlak baik, religius, dan kita semua bisa menjaga nilai-nilai kebaikan yang sudah diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW,” tutup Pilar.

Acara peringatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, alim ulama, dan warga setempat yang ikut serta dalam kegiatan refleksi dan doa bersama, menciptakan suasana yang penuh khidmat dan kebersamaan. (fid)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer