Connect with us

Kabupaten Tangerang

Pemkab Tangerang Luncurkan Aplikasi SISSWANI untuk Deteksi Dini Konflik

Published

on

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi, Sinergitas dan Sinkronisasi Kewaspadaan Dini (SISSWANI) untuk mitigasi dan deteksi dini potensi konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mengapresiasi Badan Kesbangpol yang berupaya meningkatkan kewaspadaan dini karena melihat banyaknya konflik sosial yang terjadi dan tidak terdeteksi secara dini. Apalagi sudah memasuki tahun politik menjelang kontestasi 2024,” kata Asisten Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang Firzada Mahalli pada acara peluncuran di Fame Hotel Gading serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Senin (27/11/2023).

SISSWANI merupakan inovasi untuk mendeteksi dini mitigasi konflik yang terjadi di Kabupaten Tangerang. Selama ini diakui belum ada regulasi terkait strategi kebijakan mitigasi penanganan konflik. Selain itu, belum ada juga sistem pelaporan deteksi dini penanganan konflik yang bisa digunakan bersama.

Firzada menyampaikan, aplikasi SISSWANI akan memudahkan Badan Kesbangpol dan Instansi lain untuk menangani konflik di Kabupaten Tangerang. Aplikasi SISSWANI merupakan alat dan wadah untuk mengendalikan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Tangerang. Pemerintah juga dapat menyelenggarakan tata pemerintahan yang baik, demokratis, dan partisipatif.

“Saya juga berpesan agar aplikasi SISSWANI dapat berjalan secara berkelanjutan, bukan hanya seremonial saja. Sistem ini juga perlu di sosialisasi agar sistem ini dapat betul-betul mengurangi konflik sosial yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer