Connect with us

Kabupaten Tangerang

Tanam 125 Ribu Pohon Mangrove, Indah Kiat Dukung Restorasi Pesisir Pantura Tangerang

Published

on

Kabartangerang.com- Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk, Tangerang Mill, memiliki program penanaman pohon Mangrove di Pesisir Pantai Kabupaten Tangerang.

Dalam empat tahun terakhir ini, sejak 2018 hingga 2022 sudah sebanyak 125 ribu bibit Mangrove ditanam sebagai bagian dukungan dalam merestorasi pesisir pantai utara (pantura) Kabupaten Tangerang, dengan rincian masing-masing 25 ribu bibit pohon mangrove yang ditanam setiap tahunnya.

“Tahun 2018 sebanyak 25 ribu, tahun 2019 sebanyak 25 ribu, 2020 sebanyak 25 ribu, tahun 2021 sebanyak 25 ribu, dan tahun ini (2022) ada sebanyak 25 ribu bibit, dengan total keseluruhan 125 ribu bibit pohon mangrove yang sudah ditaman oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk, Tangerang Mill, ” kata Head of Sustainability PT IKPP, Tangerang Kholisul Fatikhin, saat menanam mangrove di Lokasi Gerbang Mapan Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Senin (28/3/22).

Sedangkan lokasi penanaman Mangrove, jelas Kholisul, disebar di tiga lokasi yakni Patramanggala,Kecamatan Kemiri, TMC Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga serta Gerbang Mapan Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

“Penanaman bibit Mangrove diperlukan bagi wilayah pesisir untuk menjaga ekosistem agar tidak tergerus abrasi air laut,” ujarnya.

Penanaman Mangrove, sambung Kholisul bekerjasama dengan kelompok petani Mangrove di wilayah setempat dan Pemkab Tangerang.

“Tidak hanya penanaman, kita juga bantu untuk pemeliharaan dan perawatannya,” jelasnya.

Selain menanam bibit mangrove, tambah Kholisul, PT IKPP, Tangerang juga menyebar puluhan ribu bibit ikan bandeng dan nila di Lokasi Gerbang Mapan Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

“Hari ini, kita juga menyebar ikan bandeng 10 ribu ekor dan ikan nila 10 ribu, yang bertujuan untuk menjaga ekosistem laut,” paparnya.

Sementara itu, Kasie Teknologi Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Hari Mahardika mengapresiasi dan berterimakasih kepada Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk, Tangerang Mill yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam menjaga ekosistem agar tidak tergerus abrasi air laut.

“Kami sangat berterimakasih kepada PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk, Tangerang Mill yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam menjaga ekosistem agar tidak tergerus abrasi air laut,” ungkap Hari.

Hari menjelaskan, pohon mangrove yang ditanam secara bertahap oleh Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk, Tangerang Mill dengan total 125 ribu bibit pohon mangrove ini, merupakan jenis jenis api-api (Avicennia).

“Jenis bibit pohon mangrove yang ditanam adalah api-api (Avicennia),” pungkasnya. (red)

Source

Copyright © 2018-2022 Kabartangerang.com