Connect with us

Banten

Pemkab Serang Integrasikan Data TNI dan Polri Data Vaksinasi Capai 21%

Published

on

Kabartangerang.com – Pemkab Serang fokus pada target vaksinasi dengan mengintegrasikan data vaksinasi yang dilakukan TNI dan Polri. Mengingat, sampai saat ini Pemkab Serang hanya berpatokan data vaksinasi yang dilakukan dinas kesehatan.

Menurut Wakil Bupati Serang Pandi Tirtayasa, vaksinasi merupakan program nasional jadi semua komponen dilibatkan untuk melaksanakan vaksinasi. Karena pemerintah pusat menilai, kalau hanya mengandalkan pemerintah daerah (pemda) khususnya dinas kesehatan target waktu maupun jumlah untuk segera divaksinasi seluruh masyarakat Indonesia akan terlambat.

“Makanya pemerintah pusat melibatkan semua institusi termasuk TNI, Polri BIN, Parpol semua melaksanakan vaksinasi,” beber Pandji usai evaluasi vaksinasi Kabupaten Serang di Aula KH Syam’un Setda, Selasa (31/08/2021).

Pandji juga mengatakan, untuk dosis vaksin baik pemda, TNI, Polri dan lainnya semua mendapatkan alokasi melalui dinkes provinsi. Hanya saja masalahnya, sekarang bagaimana mengintegrasikan semua kegiatan ini sehingga bisa kelihatan hasilnya.

Baca juga: Total 287 Pegawai Dishub Kabupaten Serang Divaksin Tahap I

Diinformasikan berdasarkan data hasil vaksinasi dari Dinkes Kabupaten Serang baru mencapai 9,3 persen. Namun belakangan muncul ada data dari pusat sekarang sudah mulai terpisah dari pcare kodim, pemda, polri berdasarkan KTP Kabupaten Serang.

“Ternyata data yang sudah divaksin warga Kabupaten Serang 21 persen, baik dilakukan kodim, polres atau institusi lain. Itu untuk dosis pertama, sedangkan target kita kalau hitung 70 persen dari 1,6 juta berarti target 1,250 juta,” paparnya.

“Kalau 1,2 juta baru tercapai di angka 21 persen berarti masih ada kisaran 1 juta yang harus divaksinasi tahap awal. Kita belum bicara vaksinasi tahap dua, kita tahap satu saja baru 21 persen berarti masih ada sekitar 80 persen lagi atau 1 juta lagi,” tambahnya.

Senada disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi, guna mencapai target pihaknya akan berkolaborasi dengan TNI dan Polri. Sedangkan untuk dosis yang tersedia untuk Kabupaten Serang saat ini sebanyak 120 ribu sasaran. (rls/bd)

Source

Copyright © 2018 Kabartangerang.com