Connect with us

Banten

Menuju Indonesia Emas 2045, Airin Rachmi Diany Ungkap Peran Penting Generasi Muda Wujudkan SDM Profesional dan Religius

Published

on

Tokoh Perempuan Airin Rachmi Diany mengatakan, generasi muda memiliki peran penting dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional dan religius menuju Indonesia Emas 2045.

 

Hal itu disampaikan Airin saat menjadi pembicara dalam silaturahim dan pembekalan generasi muda yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Banten, di Kabupaten Serang, Minggu (19/11/2023).

 

“Dalam membangun pemuda yang profesional dan religius kita perlu

membangun etika dan moral yang kuat, meningkatkan kapasitas kepemimpinan, menggalakan kerohanian yang mendorong pemuda semakin cerdas secara emosional dan religius, serta penguatan kemampuan kemandirian ekonomi di kalangan muda,” ujar Airin.

 

Diketahui, menurut data yang dirilis organisasi kerjasama dan pembangunan ekonomi negara-negara maju (OECD), memperkirakan bahwa pada tahun 2045 ekonomi Indonesia akan menjad ekonomi terbesar ke-4 di Dunia.

 

Prediksi tersebut dilatarbelakangi pada Tahun 2030-2040, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Jumlah penduduk Indonesia usia produktif akan mencapai 64 persen dari total penduduk sekitar 297 juta jiwa.

 

Untuk itu, Airin menekankan untuk pentingnya penguatan komitmen kebangsaaan. “Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mendorong generasi muda untuk mengambil peran dalam industri kreatif, memperluas akses Pendidikan dan usaha bagi Pemuda,” ungkapnya.

 

“Meningkatkan toleransi antar umat beragama, mewujudkan pembangunan yang berwawasan religius, regenerasi kepemimpinan itu pun sangat penting,” sambungnya.

 

Selain itu, kegiatan yang diisi oleh para Milenial dan generasi Z ini Airin mengungkapkan kunci keberhasilan dalam pembangunan. “Kejelasan tujuan, kolaborasi seluruh elemen masyarakat, dan konsisten mewujudkan target,” pungkasnya. (fid)

Populer