Connect with us

Kota Tangerang

Keripik Bonsang Kampung Taubat Tembus Pasar Luar Negeri

kabartangerang

Published

on

Kabartangerang.com- Organisasi pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) di Kampung Taubat yang berlokasi di RW 02, Kelurahan Selapajng Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, membuat inovasi kuliner berbahan limbah pohon pisang .

Berbekal bonggol pohon pisang yang selama ini menjadi limbah tak terpakai dimanfaatkan para kader PKK Kampung Taubat dengan menyulapnya menjadi cemilan yang kaya akan serat.

Ketua tim penggerak PKK Kelurahan Selapajang Jaya, Sartiyah mengatakan, olahan bonggol pisang yang berhasil diolah berasal dari pohon pisang jenis kepok.

“Untuk saat ini kita mengolah bonggol pisang kepok yang banyak tumbuh disini menjadi cemilan yang memiliki rasa tematik yang menyehatkan,” kata Sartiyah, Senin, 09 Desember 2019.

Berbekal produk keripik Bonggol pisang yang diberi nama Bongsang, cemilan sehat ini dibanderol dengan harga bersahabat. “Untuk harganya berkisar Rp.12.000,00/ 2,5 ons,” terangnya.

Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, produk olahan bonggol pisang yang dikemas dengan apik ini memiliki citrarasa yang khas, crispy dan gurih serta penjualannnya sudah sampai kemancanegara.

Ketua tim penggerak PKK Kecamatan Neglasari Rismainul Anshar menerangkan, marketing keripik Bongsang sudah menembus pasar luar negeri.

“Selain menjadi icon unggulan lokal, keripik Bongsang penjulaannya telah sampai ke Belanda, Singapura, dan Malaysia,” ujarnya.

Diharapkan Rismainul, adanya kretivitas para kader PKK di Kampung Taubat yang berhasil menjadikan bonggol pisang menjadi cemilan yang menyehatkan bisa menaikan tarap perekonomian warga sekitar.(ydh)

Source

Copyright © 2018 Kabartangerang.com