Connect with us

Tangerang

Bappelitbangda Gelar Musrenbang RKPD Kota Tangerang Selatan Tahun 2023

Published

on

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Tangsel menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tangsel, bertempat di Blandongan, Puspemkot Tangsel, Ciputat, Kamis (31/3).

Pelaksanaan musrenbang ini untuk merangkum seluruh usulan dalam musrenbang yang telah dilaksanakan tingkat Kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan lainnya.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, ada 4 program prioritas pembangunan 2023 yang akan dilaksanakan yakni peningkatkan SDM unggul dengan pemerataan akses masyarakat dalam mendapatkan layanan pendidikan dan kesehatan.

Kedua peningkatan infrastruktur yang terkoneksi dan kota lestari, dalam program tersebut akan ditingkatkan kinerja transportasi dan jaringan jalan perkotaan, peningkatkan kualitas lingkungan perkotaan, dan lainnya.

Ketiga, peningkatkan ekonomi sektor ekonomi kreatif, “Kami mendorong pendapatan dari investasi dari sektor perdagangan dan jasa dimana termasuk di dalamnya adalah ekonomi kreatif,”ungkapnya.

Keempat yakni peningkatan birokrasi efektif dan efisien. “Kita akan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah,”jelas Benyamin.

Adapun seluruh empat prioritas pembangunan itu diharapkan mampu memenuhi target Tangsel sebagai Kota Lestari. Kota yang saling terkoneksi, efektif dan efisien di tahun 2026.

Kepala Bappelitbangda Tangsel, Eki Herdiana, menjelaskan bahwa Musrenbang ini merupakan wadah atau forum interaksi dan singkronisasi antara pemangku kepentingan di dalam perencanaan pembangunan di kota tangerang selatan, Pelaksanaan musrenbang ini dilakukan secara virtual.

“Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan sebelum setelah sebelumnya kita melaksanakan forum konsultasi publik, musrenbang kelurahan, dan kecamatan serta forum lintas OPD sehinga nantinya RKPD kota tangsel tahun 2023 ditetapkan,”jelasnya.

Eki menyampaikan, bahwa pada 2023 mendatang arah kebijakan pembangunan di Tangsel adalah implementasi menyeluruh terhadap program-program kota lestari, konektifitas, infrastruktur, ekonomi kreatif,dan pelayanan publik yang efektif dan efesien dengan menetapkan 4 program prioritas pembangunan.

Dengan ditetapkannya program prioritas pembangunan, maka diharapkan usulan-usulan yang disampaikan sinergi dengan program, saling terkoneksi, efektif dan efesien pada 2026 dapat terealisasi melalui target-target yang telah ditetapkan setiap tahunnya.

Dalam mewujudkan program dan kegiatan tersebut, Tangsel berkomitmen untuk selalu berkolaborasi mulai perencanaan sampai dengan pelaksanaanya. “Kami menyadari untuk dapat mewujudkan visi misi dibutuhkan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan,”singkatnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Sekda Tangsel Bambang Noertjahjo, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rosyid, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Bappenas Maliki, Asisten Deputi Perekonomian Daerah dan Sektor Reel pada Kemenko Perekonomian Puji Gunawan, Bappeda Provinsi Banten Zaenal Mutaqin. (red/fid)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2018-2022 Kabartangerang.com