Connect with us

Kabupaten Tangerang

DPKP Kabupaten Tangerang Periksa Beras Bantuan Bapanas di Gudang Bulog Cikande

TANGERANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang memeriksa kualitas beras bantuan pangan di Gudang Bulog Cikande Kabupaten Serang, Banten, Senin (18/9/2023). Pemeriksaan itu dilakukan agar beras bantuan yang akan disalurkan di wilayah Kabupaten Tangerang benar-benar layak di konsumsi.

Kegiatan pemeriksaan kualitas beras bantuan pangan tersebut dalam rangka kesiapan penyaluran bantuan pangan alokasi September 2023 di wilayah Kabupaten Tangerang dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Hari ini kita melakukan pemeriksa kualitas beras bantuan pangan yang ada di gudang Bulog Cikande Serang, pemeriksaan mulai dari stok beras, butiran beras dan juga pengecekan kadar air beras,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada DPKP Kabupaten Tangerang, Abdul Munir.

Dari hasil pemeriksaan kualitasnya cukup bagus dan sesuai standar beras dari Badan Standarisasi Nasional yang menetapkan mutu beras harus memiliki derajat Sosoh setinggi100 persen, kadar air maksimal 14 persen, beras kepala minimal 95 persen dan butir patah maksimal 5 persen.

“Tadi sudah di lakukan pengujian kadar airnya rata-rata 13.5 persen dari standar maksimal 14 persen begitu juga butirannya dan secara kasat mata beras yang tersedia tidak bau apek,asam dan asing lainnya. Maksud bau asing adalah bau yang jauh dari bau beras pada biasanya,” ujar Abdul Munir.

Sementara itu, Kepala Cabang Bulog Tangerang Omar Sharif menambahkan penyaluran Beras Bantuan Pangan Periode 2 dari Badan Pangan Nasional ke wilayah Kabupaten Tangerang akan mulai dilaksanakan pada hari Selasa 19 September 2023.

Lanjut Omar yang pernah bertugas di Bulog Cabang Kabupaten  Sumbawa NTB ini mengatakan bahwa jumlah Penerima manfaat di Kabupaten Tangerang sebanyak 146.553, Penyaluran ditargetkan akan selesai pada tanggal 26 September 2023.

“Bulog hanya menyediakan cadangan pangan beras sesuai penunjukan dari Bapanas, sedangkan transporter atau yang menyalurkan dari PT Pos Indonesia,” kata Omar usai menerima kunjungan DPKP Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan di gudang Bulog Cikande.

Populer