Connect with us

Kota Tangerang

Dr Nurdin: Guru tidak Hanya Berperan sebagai Pengajar

Perkemahan pendidikan merupakan momentum penting untuk bersama-sama bisa mengupgrade diri guna mewujudkan sistem pendidikan merdeka belajar dengan pola kepanduan dan pembangunan Pelajar Pancasila yang diharapkan dapat berkontribusi pada kemajuan bangsa di masa depan.

 

Demikian disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, saat membuka kegiatan Perkemahan Pendidikan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa Sore (06/08).

 

Melalui perkemahan pendidikan ini, sambung Pj, kita dapat menguatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, tidak hanya di kalangan siswa, tetapi juga di antara para pendidik. Di mana Pendidikan adalah fondasi utama bagi pembangunan bangsa, dan peran guru sangatlah vital dalam menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada para peserta didik.

 

“Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dalam menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan sekolah. Dengan kolaborasi yang baik, kita dapat menciptakan Profil Pelajar Pancasila yang berintegritas, kreatif, dan berjiwa nasionalis,” jelas Dr. Nurdin, dihadapan 1.390 peserta dari 13 Korwil Pendidikan yang terdiri dari kepala sekolah, guru SD dan SMP.

 

Adapun tema “Membangun Kolaborasi Wujudkan Profil Pancasila melalui Perkemahan Pendidikan,” sangat relevan dengan tantangan pendidikan saat ini. Di mana dalam era globalisasi dan teknologi yang semakin maju, kolaborasi antara guru, siswa, dan seluruh elemen pendidikan sangatlah penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inspiratif.

 

“Saya harap, melalui kegiatan ini, bapak, ibu dapat mengembangkan potensi diri, membangun karakter yang kuat, dan menjadi teladan bagi para siswa-siswi, sehingga dapat turut memacu pembangunan Pelajar Pancasila di Kota Tangerang,” harap Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini.

 

Dalam kesempatan ini, Pj, juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para guru yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam mendidik generasi penerus bangsa di masa depan.

 

“Anak-Anak kita adalah harapan masa depan bangsa. Dengan bimbingan dan teladan yang baik dari para guru, saya yakin kita dapat mencetak generasi yang berkarakter nilai-nilai Pancasila, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan masa depan,” harapnya.

Populer